Benarkah Solo Travelling itu Mengasyikan?

Melihat postingan di media sosial baik facebook maupun instagram tentang berbagai tempat yang menarik, terlihat seru dan asik. Rasanya ingin ikutan berfoto bersama, berselfie ria, dan membagikannya kepada jutaan pemirsa.

Tapi bagaimana rasanya melakukan travelling, mengunjungi destinasi wisata, dan mencicipi kuliner khasnya sendirian alias solo travelling.

Suerrr…perjalanan pertama tak seindah imajinasi sebelumnya. Ada saatnya berasa mau gila, paling enggak ini yang saya rasa saat solo travelling pertama saya. Sebenarnya, sudah diniatin sih untuk solo travelling. Apalagi jaman now tidaklah susah. Cek harga tiket pesawat dan hotel via traveloka, search destinasi yang akan dikunjungi lewat mesin pencarian, trus lakukan perjalanan dan ketika tiba sampai di tujuan, soal angkutan tidaklah susah. Lakukan pemesanan lewat grab, itu sudah cukup.

Yaa…itu logika dan imajinasi yang menantang.
Tapi pas hari H nya melakukan perjalanan….. Ohh yaa.. Solo traveling pertama saya ehm…sebenarnya nggak jauh-jauh amat. Kota Makasar, Sulawesi Selatan pilihan saya. Pasalnya, nggak jauh-jauh amat dari Jayapura, tempat tinggal saya.

Lanjut yang tadi saya bilang…pas hari H melakukan perjalanan, semangat 45. Tapi pas tiba di hotel setelah penerbangan yang lumayan lama (lebih dari 3 jam boo di udara) mendadak galau.

Upsss gila bener, bikin apa saya disini, tak ada yang kukenal, dan mendadak berasa menjadi orang asing. Mau jalan kemana-mana sendiri, atur waktu, atur makanan, atur budget dan keamanan untuk diri sendiri. Tapi rencana sudah dibuat, budget sudah terlanjur dikeluarkan…ya udahhh kerjakan apa yang direncanakan. Just do it!

Jika kamu berencana melakukan solo travelling, ini tips dari saya:

Praktis, tidak perlu membawa banyak barang!

Bawalah barang seperlunya alias tidak perlu membawa banyak barang yang nantinya bikin ribet sendiri. Untuk melakukan perjalanan dua hari, bagi saya satu tas ransel sudah cukup. Kalau ada tas lain yang saya bawa, mungkin itu tas kecil saja berisi pernak-pernik wanita, seperti hp dan dompet.

Enjoy! Enjoy! Enjoy!

Menikmati suasana baru, tempat baru dan bertemu dengan orang lain yang tidak dikenal sebelumnya adalah hal yang sangat menyenangkan. Jangan panik dan jangan stress karenanya. Justru karena jauh dari rutinitas, pengalaman yang baru bisa menjadikanmu lebih fresh.

Bingung? Gunakan Kemudahan Aplikasi.

Kata pepatah “malu bertanya sesat di jalan”. Hari gini masih takut tersesat? Maka bertanyalah. Bertanya sama siapa? Mudah sekali jawabannya. Jaman now, selain bertanya kepada orang lain, di handphone kita telah tersedia berbagai pilihan fitur aplikasi yang sangat membantu.

Mencari referensi tiket dan penginapan, ada traveloka, dan aplikasi sejenisnya. Bingung soal rute, manfaatkan google map. Mencari referensi kuliner khas, manfaatkan gojek food, online shop, dsb. Referensi destinasi wisata, ada mbah google sebagai tempat bertanya.
Transaksi pun tidak harus menggunakan uang cash, menggunakan e-money maupun debit card.
Bahkan, bila bertemu dengan orang asing, komunikasi pun akan terbantu dengan aplikasi penterjemah yang bisa didonlot dari playstore android.

Save the moment with Camera!

Nah, untuk yang satu ini sama sekali tidak boleh ketinggalan! Hukumnya wajib untuk dibawa! Abadikan moment keceriaanmu, pengalamanmu dan petualanganmu dengan kamera.

Kamera yang digunakan pun bisa beragam, kamera handphone, kamera pocket, ataupun kamera dslr.
Buat catatan perjalanan dengan dukungan gambar. Tuliskan pengalamanmu ataupun bikin review dari tempat-tempat yang telah dikunjungi dan publikasikan melalui blog, instagram ataupun media sosial. Tulisanmu, bisa saja menjadi referensi bagi orang lain yang berencana melakukan liburan.

Indahnya berbagi!! Salam traveller.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s