Bakar Batu Ayam ala Muslim Papua

bakar batu muslim papua1
Masakan yang dimasak dengan cara bakar batu

Tradisi bakar batu atau pesta bakar sejak lama telah dikenal sebagai tradisi masyarakat Pegunungan Tengah Papua. Acara bakar batu bisanya diselenggarakan pada moment – moment spesial, dimana seluruh anggota keluarga berkumpul dan memperkuat tali silaturahmi.

Nah, sesuai dengan namanya tradisi bakar batu, ketika seluruh keluarga besar berkumpul, mereka pun memasak bersama di halaman. Biasanya, bahan utama dalam masakan bakar batu ialah daging babi atau wam, istilah dalam bahasa daerah. Tentu saja, wam haram bagi umat muslim. Karena itu, wam diganti dengan daging ayam.

Tradisi bakar batu dengan bahan utama daging ayam, biasanya dilakukan oleh Komunitas Muslim Papua, dan yang terkenal adalah Muslim Walesi di Wamena, Jayawijaya.

Namun, foto dan video yang saya ambil untuk melengkapi artikel ini adalah foto dokumentasi saya dengan lokasi Komunitas Muslim Papua asal Wamena, yang berada di daerah Angkasa, Jayapura.

bakar batu muslim papua2
Bakar Batu ala Muslim Papua (Foto: Dokumentasi Yulika, 2016)

Acara memasak bakar batu sangat unik, berbeda dari cara masak biasanya. Pertama, gali lubang dalam tanah sedalam lebih kurang satu satu meter. Selanjutnya letakkan batu yang telah dibakar selama beberapa jam sebelumnya ke dalam lubang tersebut. Disekeliling lubang dialas dengan rumput.

Kemudian, letakkan bahan makanan, berupa daging ayam, sayur mayur, keladi/ umbi – umbian lainnya dan pisang, ke dalam lubang yang telah dialas. Di antara bahan makanan tersebut pun bisa disisipkan batu yang dibakar.

Setelah semua bahan makanan diletakkan dalam lubang, kemudian ditutup dengan rerumputan. Setelah semua tertutup kemudian diikat dan dibiarkan selama beberapa jam.

bakar batu muslim papua4
Masakah hasil bakar batu (Foto: Dokumentasi Yulika, 2016)

Nah, setelah beberapa jam, ikatan tersebut dibuka, dan hasilnya semua bahan yang telah dimasukkan ke dalamnya pun menjadi masak. Kalau penasaran soal rasa, huehhmm…rasanya sangat nikmat lho, meski dimasak tanpa bumbu.

Cara makannya pun seperti biasa, tinggal disesuaikan dengan selera. Jika suka dengan pedas, tinggal ditambah dengan sambal. Lezat!

bakar batu muslim papua3
daging ayam bercampur dengan sayur mayur hasil masakan bakar batu

Masih penasaran dengan masakan bakar batu? Silakan kunjungi channel saya ini:

 

Baca juga artikel berikut:

Tradisi Bakar Batu, Pestanya Masyarakat Pegunungan Tengah Papua

 

2 tanggapan untuk “Bakar Batu Ayam ala Muslim Papua”

  1. Wah kita, muslim bisa ikut berpartisipasi menikmati masakan bakar batu kalau bahanya ayam ya. Semoga suatu saat pas balik Papua lagi saya akan bertemu dengan acara bakar batu ayam 🙂

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s