10 Alasan Mengapa Harus Berwisata ke Jayapura

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Berwisata ke Jayapura, kenapa tidak? Alam Papua sangat terkenal dengan keindahannya. Namun barangkali, masih ada di antara kita yang sulit membayangkan suasana kotanya.

Papua, identik dengan kekayaan alamnya. Papua, dikenal juga memiliki destinasi wisata yang menantang, khususnya bagi siapa saja yang berjiwa petualang. Daripada hanya sekedar melihat di layar kaya atau informasi dari internet, tidak ada salahnya sekali – kali berkunjung ke Indonesia Timur.

Ingin berwisata ke Papua, mulailah dari Jayapura. Kota Jayapura, adalah ibukota provinsi Papua, sebuah kota pelabuhan yang indah di tepi teluk Humbold.

Ada 10 alasan mengapa Anda memilih Jayapura sebagai destinasi wisata.

  1. Alam nan indah mempesona

Soal keindahan, Jayapura terbilang sangat indah. Bahkan, kota ini dijuluki “Hongkong di waktu malam”. Jayapura adalah kota yang unik, dengan kondisi medan yang bergunung – gunung, dataran rendah dan pesisir pantai.

Ada cukup banyak destinasi wisata yang pastinya menarik dikunjungi, diantaranya: pantai Base-G, pantai Hamadi, Teluk Yotefa, pantai Amai dan perbatasan RI – PNG.

Di Sentani, Kabupaten Jayapura, ada danau Sentani, pantai Harleem, kampung wisata Tablanusu dan danau Love.

  1. Fasilitas hotel dan transportasi mudah

Di Jayapura, terdapat berbagai jenis hotel, mulai dari hotel berbintang hingga motel. Harga per malam pun bervariasi, disesuaikan dengan budget. Lokasinya pun beragam, ada yang di pusat kota Jayapura, maupun di pinggiran kota. Untuk, lebih mudahnya, anda bisa menggunakan aplikasi traveloka ataupun aplikasi sejenisnya.

Sementara untuk transportasi publik, juga cukup mudah. Angkutan umum yang disebut “taksi kota” siap mengantarkan penumpangnya, dengan harga yang terjangkau, antara 4000 – 5000 rupiah.

Jika, ingin lebih nyaman dan privasi, anda bisa menggunakan mobil rental, dengan rate harga sekitar 700rb rupiah per harinya.

  1. Kota yang ramah dan nyaman

Jayapura adalah kota dengan penduduk yang ramah dan suasana kota yang nyaman. Dalam tradisi Papua, budaya makan sirih pinang dan cerita mob (lelucon), menjadi satu tanda keakraban dan persaudaraan.

  1. Obyek wisata berada tak jauh dari pusat kota

Ada cukup banyak obyek wisata yang berada relatif dekat dengan pusat kota, contohnya saja Pantai Dok Dua, yang berada tepat di seberang kantor Gubernur Dok Dua. Contoh lainnya: pantai Hamadi, pantai Base G, Teluk Yotefa dengan kampung Enggros dan Tobati di tengah – tengahnya dan Danau Sentani.

  1. Kuliner nusantara tersedia

Di Jayapura berbagai jenis kuliner nusantara mudah didapati, baik masakan Jawa, Padang, Makasar, dsb. Jika anda ingin mencoba menu khas Papua, yang terkenal ialah papeda dan ikan kuah kuning. Menu lainnya yang patut dicoba, misalnya ikan asar, ikan bakar, papeda bungkus dan keladi tumbuk.

  1. Pusat perbelanjaan dan oleh – oleh tersedia

Mencari oleh – oleh khas Papua untuk orang – orang tercinta, salah satu referensi ialah pusat kerajinan di pasar Hamadi atau souvenir khas Papua di pasar Mama – mama Papua yang berada di pusat Kota Jayapura. Souvenir khas Papua, misalnya saja noken, lukisan/ kerajinan kulit kayu dan ukiran.

pinang
Buah Pinang
  1. I love Indonesia, I love Papua

Kota Jayapura dan Tanah Papua merepresentasikan mini Indonesia. Mengapa demikian? Karena kota Jayapura terdiri dari berbagai suku bangsa. Selain suku asli Port Numbay (Jayapura), berbagai suku Papua, kota Jayapura juga dihuni oleh suku lain non Papua. Misalnya saja Jawa, Batak, Bugis, Manado, Toraja, Ambon dan lain sebagainya. Ada banyak suku maka ada beragam bahasa. Dan, bahasa Indonesia menjadi bahasa pemersatu.

  1. Menambah wawasan

Jayapura sebagai destinasi wisata memang tak sepopuler Bali ataupun Raja Ampat. Namun, berwisata ke Jayapura patut untuk dicoba. Selain menambah wawasan tentang keragaman dan kekayaan budaya Indonesia, berwisata ke Jayapura tentunya menjadi trigger untuk mengenali Papua dari dekat.

  1. Petualangan seru

Petualangan seru! Itulah kesan yang akan di dapatkan. Jayapura kota yang unik. Disini ada gunung, pantai, danau dan dataran. Anda lah yang menentukan destinasi wisata yang mana yang akan dikunjungi. Berenang, menyelam, berkeliling danau Sentani, atau mengunjungi perbatasan dua Negara (RI – PNG) di Skouw Wutung, andalah yang menentukan bagaimana akan menikmati suasana Jayapura.

  1. Pengalaman tak terlupakan

Satu hal yang pasti, keseruan berwisata di Jayapura, Papua akan membawa kesan tersendiri dan pengalaman yang tak terlupakan.

Selamat datang di Jayapura, pintu gerbang Indonesia di sebelah timur negeri. Wanyambe!

 

3 tanggapan untuk “10 Alasan Mengapa Harus Berwisata ke Jayapura”

  1. Papua masih jadi salah satu destinasi favorute yang entah kapan akan terwujud bisa kesana.
    Untuk sekarang masih aku masupin bucket list dulu.
    Moga nanti ada rejeki buat bisa kesana 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s