7 Oleh – oleh Khas dari Tanah Papua yang Wajib di Bawa Pulang

Tanah Papua terkenal akan kekayaan dan keindahan alamnya. Dipastikan, setiap orang yang mengunjungi Papua akan mendapatkan kesan yang mendalam. Biasanya, hal pertama yang membuat orang terkesan ialah keindahan alamnya.

Nah, jika anda berkesempatan mengunjungi Papua, jangan lupa membawa tanda mata alias oleh – oleh untuk keluarga terkasih maupun sebagai kenang – kenangan pribadi.

Berikut ada 7 jenis souvenir khas Papua yang akan melengkapi liburanmu.

1. Noken

Noken dikenal sebagai “tas” Papua yang telah mendunia. Biasanya noken terbuat dari serat kayu, namun saat ini para pengrajin noken yang notabene adalah Mama – Mama Papua juga merajutnya dari benang wol.

Noken, mudah dijumpai. Di Kota Jayapura dan sekitarnya, mama – mama biasanya menggelar dagangannya di emperan toko atau pinggir jalan. Tempat penjualan noken yang lain ialah di Pasar Mama – Mama Papua yang berada di jantung kota Jayapura ataupun di pasar kerajinan Hamadi.

Harga noken bervariasi tergantung dari bahan dan ukuran, serta tingkat kesulitan pembuatan. Kisarannya dari 100 ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Wouww, harga noken yang mencapai jutaan rupiah tak lain ialah noken anggrek.

Para pengrajin noken kini mulai membuat berbagai varian produknya, misalnya saja baju rajut.

 

2. Souvenir Kulit Kayu

Kerajinan dari kulit kayu yang paling terkenal ialah dari Pulau Asei, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Kulit kayu oleh para pengrajin diolah menjadi lukisan. Sama seperti noken, lukisan kulit kayu juga telah mendunia. Umumnya, para pengrajin melukis berbagai motif Papua di atas kulit kayu.

lukisan kulit kayu
Lukisan kulit kayu

Motif yang dilukis terinspirasi dari lingkungan di sekitar, misalnya saja motif ikan, buaya, perahu, burung dan lain – lain. Setiap motif memiliki kisahnya masing – masing dengan latar belakang budaya Sentani.

Kini, kerajinan kulit kayu pun semakin banyak variannya. Ada yang dalam bentuk lukisan ataupun aneka kerajinan yang lain, seperti topi, tas, gantungan kunci, serra (mahkota), dll.

Harganya bervariasi, dari kisaran puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Dan, lukisan kulit kayu ini cakep lho…kalau dipajang di dinding rumah.

Di Jayapura, kamu bisa mendapatkannya di Pasar Hamadi ataupun langsung ke tempat asalnya, yakni Pulau Asei di Sentani Timur.

 

3. Koteka

Koteka dikenal sebagai ciri khasnya masyarakat Pegunungan Tengah Papua. Yup, koteka di gunakan sebagai penutup aurat pria alias busana tradisional.

kotekaKoteka terbuat dari sejenis labu, yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi seperti yang kita lihat. Mungkin karena bentuknya yang unik dan original, tak sedikit orang yang menjadikan koteka sebagai souvenir.

Jika kamu berkunjung di Kota Jayapura, singgahlah di Pasar Kerajinan Hamadi, disana selain koteka berbagai kerajinan tangan lainnya tersedia.

Harga koteka sendiri, cukup terjangkau, dalam kisaran puluhan ribu rupiah saja per bijinya.

 

4. Batik Papua

Batik Papua, ada banyak ragamnya. Motif batik Papua sangat unik, berbeda dengan motif dari daerah lainnya. Bahkan, di Papua sendiri memiliki banyak motif; ada motif pesisir pantai, motif danau Sentani dan motif pegunungan. Misalnya saja, motif cendrawasih, honai dan berbagai motif lainnya.

batik papua
Batik Papua

Harganya pun bervariasi dengan kisaran harga 45 ribu rupiah per meternya, bahkan hingga jutaan rupiah.

Cukup banyak gerai batik yang ada, baik di pasar, pusat perbelanjaan maupun di mall. Jadi, tidaklah susah untuk mendapatkannya.

5. Kerajinan dari Kulit Buaya

kerajinan kulit buaya
Kerajinan dari kulit buaya

Untuk kerajinan yang satu ini, kisaran harganya cukup mahal dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Namun, kerajinan kulit buaya sendiri punya peminat alias pangsa pasar tersendiri.

Untuk kerajinan kulit buaya yang terkenal, ialah dari Kota Merauke. Namun, di Kota Jayapura ada beberapa gerai yang menjual souvenir dari kulit buaya.

Kulit buaya diolah menjadi aneka produk, seperti dompet, tas, ikat pinggang dan sepatu. Nah, produk mana yang anda suka?

 

6. T-Shirt Motif Papua

Oleh – oleh yang satu ini, cocok untuk berbagai kalangan baik tua maupun muda. T-shirt atau kaos oblong dengan motif Papua sedang ‘naik daun’ atau menjadi trend di kalangan anak muda Papua.

tshirt papua
T-shirt papua

Terkadang designnya unik, lucu dan menarik. T-shirt motif Papua mudah dijumpai, karena cukup banyak tempat yang menjualnya, di pasar, pertokoan dan pusat perbelanjaan. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari 50 ribu rupiah hingga seratusan ribu rupiah.

 

7. Kerajinan dari Kayu

Bagi pecinta benda – benda seni budaya, kerajinan yang terbuat dari kayu sangat spesial untuk oleh – oleh. Ada banyak jenisnya, misalnya saja ukiran, patung dan lain sebagainya.

Harga jualnya pun bervariasi, tergantung dari bahan yang digunakan dan tingkat kesulitan pembuatan. Setiap daerah di Papua memiliki ukiran atau motif yang khas.

Di Jayapura, pusat penjualan kerajinan ialah di pasar Hamadi, namun ada beberapa tempat lain yang menjual kerajinan tersebut.

Nah, yang mana menjadi pilihanmu untuk dijadikan buah tangan? **Wanyambe**

One thought on “7 Oleh – oleh Khas dari Tanah Papua yang Wajib di Bawa Pulang”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s