Mengenal Buah Woromo dari Papua yang Berkhasiat

img-20180610-wa0011.jpg
Buah Woromo dikenal sebagai kelapa hutan (Foto: Dr Been Kogoya)

Nama lokalnya buah woromo/ karu/hekali/helak, dan mungkin belum banyak yang belum kenal tanaman ini. Nah, sebaiknya anda tahu kekayaan botani nusantara.

IMG-20180610-WA0016
Tanaman Woromo (Foto: Dr Been Kogoya)

Woromo sebenarnya adalah keluarga pandan (Pandaneceae), namun populer dengan sebutan kelapa hutan. Woromo merupakan tanaman endemik Papua yang tumbuh di wilayah pegunungan tengah.

Kata seorang peneliti, Dr Been Kogoya, ada tiga varietas woromo yang ditemukan, yakni yakni woromo/ helai lirungga, kopena dan endogenep.

IMG-20180610-WA0006
Buah Woromo (Foto: Dr Been Kogoya)

Buah woromo atau kelapa hutan ini penampakannya mirip buah nangka atau durian, hanya saja daging buahnya lebih keras, mirip dengan kelapa .

Menurut Dr Been Kogoya, buah woromo memiliki kandungan karbohidrat yang sama dengan beras.

Di pasar – pasar tradisional di pegunungan tengah Papua, buah woromo ini mudah sekali ditemui. Mama – mama Papua menjualnya per tumpuk, atau bisa juga dibeli per karung dengan harga yang terjangkau. Woromo rasanya enak, mirip kuaci, bisa dimakan langsung atau bisa juga diolah. Biasanya diolah dengan cara barapen atau pengasapan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

Untuk mendapatkan buah ini, biasanya para petani masuk ke hutan bisa selama 2 – 3  bulan untuk budidaya hingga musim panen tiba.

Dr Been Kogoya sendiri telah meneliti kandungan bioaktif dari buah woromo untuk meningkatkan potensi ekonominya. Ternyata, buah woromo ini bisa diolah menjadi  minyak woromo, kapsul dan sabun.

Menurutnya, buah woromo mengandung asam lemak tidak jenuh terdiri dari asam oleat, asam linoleat, palmitat,  total omega -9, total omega -6, total omega -3, lemak tak jenuh tunggal (MUFA), lemak tak jenuh ganda (PUFA), DHA dan EPA.

Buah woromo yang diekstrak menjadi minyak ataupun diolah dalam bentuk kapsul berkhasiat untuk mengobati penyakit jantung, kolesterol, asam urat, osteoporosis, kanker, tumor, meningkatkan stamina pria, hipertensi, maag, dll.

Nah, saat ini sang peneliti, Dr Been Kogoya, sedang dalam tahap persiapan untuk memproduksi secara massal agar masyarakat bisa mendapatkan manfaat/ khasiatnya.

Selain buah merah yang lebih dulu populer di tengah masyarakat sebagai tanaman khas Papua yang berkhasiat obat, selanjutnya buah woromo pun memiliki prospek yang sama bila dikembangkan.

20180609_195550
Dr Been Kogoya, Peneliti Woromo

 

 

 

 

2 tanggapan untuk “Mengenal Buah Woromo dari Papua yang Berkhasiat”

  1. ohh jadi buah ini namanya Woromo.. dulu tinggal di sorong sering lihat sih.. tp tidak pernah tau namanya.. ternyata banyak khasiatnya juga yaa.. Salut buat penelitinya.

    Suka

    1. wirawati, pernah lihat di sorong itu spesies lain, karena pandan ini banyak jenis yang terdaftar secara papua yang sedang kami rilis 742 jenis

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s