Ruang Film Imaji

Film Dokumenter Lamek Tayang Perdana di Manokwari dan Pegunungan Arfak

Salah satu tujuan pendidikan ialah mengajarkan bahwa hidup itu berharga. (Lamek Dowansiba)

Film Dokumenter Lamek mengangkat kisah seorang pemuda Papua asal Pegunungan Arfak bernama Lamek Dowansiba yang berjuang mendirikan rumah baca bagi anak – anak pedalaman. Demi pemberantasan buta huruf tak jarang, ia harus berhadapan dengan penolakan dari orang tua, tantangan geografis dan tantangan sosial. Demi mencerdaskan generasi emas di Tanah Papua, Lamek mengembangkan metode pendekatan belajar yang khusus bagi anak – anak pedalaman

Film berdurasi 40 menit ini diproduksi oleh Top Production Manokwari, di sutradarai oleh Yulika Anastasia, Director of Photograpy Junaedi Madubun, Produser Sidarman dan Produser Executive Franky Umpain.

Penayangan perdana film dokumenter ini mendapatkan sambutan yang baik dan menjadi perbincangan hangat di Kota Manokwari. Premiere film yang berlangsung di Swissbell Hotel Manokwari tanggal 10 September 2022 dihadiri oleh Pangdam XVIII/ Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema, Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Silitonga, Ketua Fraksi Otsus Papua Barat George Dedaida, Wakil Bupati Pegunungan Arfak Marinus Mandacan, Sekretaris Dinas Balitbangda Papua Barat dan Perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Manokwari.

Pemutaran di Kabupaten Pegunungan Arfak dilakukan di dua tempat, yakni berlokasi di Kampung Testega pada tanggal 11 September 2022 disaksikan oleh masyarakat dan anak – anak Rumah Baca Maman Hob. 

Selanjutnya pada tanggal 12 September 2022, film diputar di Aula Kantor Bupati Pegunungan Arfak. Hadir dalam pemutaran tersebut Bupati Pegunungan Arfak Bpk. Yosias Saroy, Sekretaris Daerah Bp. Ever Dowansiba dan SKPD terkait serta anak – anak SD.

Berikut ini suasana Perdana Film Dokumenter Lamek di Manokwari dan Pegunungan Arfak.

Pangdam XVIII/ Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema tampak sedang menandatangani buku tamu dan Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Silitongan (berbaju hitam) hadir dalam Pemutaran Perdana Film Dokumenter Lamek d Swissbel Hotel Manokwari, 10 September 2022
Foto bersama usai giat Pemutaran Perdana Film Dokumenter Lamek, Swissbel Hotel Manokwari 10 September 2022
Produser Executive Film Lamek Franky Umpain (tengah) dan Sutradara Yulika Anastasia
Pemutaran Film Lamek berlangsung di Aula Kantor Bupati Pegunungan Arfak, dihadiri oleh Bupati Yosias Saroy (duduk di tengah) dan Sekda Ever Dowansiba (kiri)
Sesi foto bersama usai Pemutaran Film Lamek bersama Tokoh Utama Lamek Dowansiba, Bupati Pegunungan Arfak Yosias Saroy, Sekda Ever Dowansiba dan Forkompinda
Pemutaran Film Lamek di Kampung Testega (lokasi syuting), Distrik Anggi Kabupaten Pegunungan Arfak, 11 September 2022
Suasana nobar Film Lamek di Kampung Testega, Distrik Anggi, Kabupaten Pegunungan Arfak, 11 September 2022

Kategori:Ruang Film Imaji

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.