Ruang Film Imaji

Pemutaran Perdana Film Noken Rahim Kedua di Asrama Nayak II

Film Noken Rahim Kedua menggambarkan Budaya Orang Balim (Alberth Kaloli/ Ketua Himpunan Mahasiswa Pelajar Jayawijaya)

JAYAPURA- Pemutaran perdana Film Noken Rahim Kedua di Asrama Nayak II pada tangal 20-12-20 mendapat apresiasi dari para penonton, salah satunya dari Ketua Himpunan Mahasiswa Pelajar Jayawijaya (HMPJ) Kota Study Jayapura Alberth Kaloli. Dikatakannya, apa yang digambarkan dalam Film Noken Rahim Kedua itu memang budaya orang Baliem.

“Kami ucapkan terimakasih untuk Imaji Papua yang sudah mengangkat budaya kami menjadi sebuah film, sebagai mahasiswa perlu mengetahui latar belakang kami dari noken seperti yang digambarkan dalam film,” katanya.

Diakuinya, dari noken banyak melahirkan orang asli Papua yang berhasil, dan penggarapan film ini dilatar belakangi keingin tahuan sutradara saat melihat foto mama-mama menggendong bayi dalam noken.

“Film ini menjadi motivasi bagi kami untuk mengangkat budaya kami, oleh karena itu kami juga berharap komunitas Imaji Papua bisa bekerjasama dengan kader-kader, karena kami punya kader-kader ini banyak yang berpotensi,” katanya.

Adi Sumunar, Sutradara Noken Rahim Kedua hadir secara virtual menjelaskan pengembangan ide film

Hal serupa diakuinya Hengki Hilapok Ketua Bidang Pendididkan dan Penalaran HMPJ, yang menilai dari sisi positif dengan adanya pemuratan film Noken Rahim Kedua, generasi hari ini bisa paham budayanya sendiri.

“Sisi negativenya perlu rubah kurikulum seni budaya, kami orang Papua berikan kurikulim seni budaya kita, tidak perlu belajar budaya orang lain, kita harus belajar budaya kita supaya kita bisa melestarikan budaya, kalau sudah belajar budaya orang lain melestarikan budaya sendiri susah karena melekat,” katanya.

Produser Film Dokumenter Noken Rahim Kedua Yulika Anastasya mengatakan, setelah pemutaran perdana film Noken Rahim Kedua di Asrama Nayak II agenda selanjutnya masih dalam rangka hari Noken 4 Desember dan Hari Ibu 22 Desember, Imaji Papua bekerja sama dengan East Cinema dan Perum Produksi Film Negara akan mengadakan Pemutaran Film dan Diskusi Film Noken Rahim Kedua secara Virtual.

“Agenda ini fokusnya pada Preview dan Diskusi. Film tidak diputar secara live diyoutube karena disiapkan untuk agenda pemutaran dan diskusi berikutnya di ruang-ruang pemutaran komunitas,” katanya.**

Berita ini telah dimuat di Media Bintang Papua Online dengan judul “Dari Pemutaran Perdana Film Dokumenter Noken Rahim Kedua” https://www.bintangpapua.online/dari-pemutaran-perdana-film-dokumenter-noken-rahim-kedua

Kategori:Ruang Film Imaji

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.