Info Wisata

Menyusuri Kampung Yoboi, Desa Wisata Terbaik yang Dikunjungi Menparekraf

Dulu Kampung Yoboi dikenal karena taman gizi terapungnya, kemudian dikenal sebagai kampung warna – warni. Kini Yoboi menjelma menjadi desa wisata terbaik yang dikenal sebagai destinasi wisata budaya dan wisata sagu

Kampung Yoboi yang berada di tengah Danau Sentani, Kabupaten Jayapura masuk 50 besar Desa Wisata Terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. 

Untuk menuju kampung ini, kita harus menyebrang Danau Sentani dari Dermaga Yahim, dibutuhkan sekitar 20 menit perjalanan.

Dulu, Kampung Yoboi sempat dikenal dengan taman gizi terapung-nya. Hampir setiap rumah warga memiliki sepetak taman apotek hidup. Mereka membuat bedengan khusus yang dibangun diatas air untuk ditanami berbagai jenis tanaman.

Kampung Yoboi juga dikenal sebagai kampung warna – warni, pasalnya baik rumah maupun jalan papan di sepanjang kampung ini diwarnai dengan warna – warna cerah yang memberi kesan ceria. Kini, Kampung Yoboi lebih dikenal sebagai kampung wisata budaya dan wisata sagu. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Sallahudin Uno menyempatkan diri berkunjung ke Kampung Yoboi pada Selasa (21/9). Menteri Sandi Uno disambut hangat oleh warga. Ia pun diantar keliling kampung, dikenalkan pada budaya setempat, disuguhi pangan lokal sagu dan menikmati keindahan alam Kampung Yoboi.

Kampung Yoboi memiliki jalur tracking hutan sagu sepanjang 420 meter.  Pengunjung diajak untuk menikmati suasana hutan sagu dan mengenal berbagai jenis sagu yang ada di kampung ini.

Selain menawarkan trekking di hutan sagu, event tahunan Kampung Yoboi menawarkan Festival Ulat Sagu. Berbagai kuliner khas dari sagu mulai dari papeda  hingga es krim ulat sagu bisa dinikmati oleh pengunjung. 

Di kampung ini juga warga menjual berbagai souvenir khas Sentani yang bisa dijadikan sebagai cendera mata.


Kategori:Info Wisata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.