Advertorial Photography

7 Destinasi Ekowisata di Papua yang Wajib Dikunjungi, 3 diantaranya Terbilang Baru

Ingin merasa menyatu dengan alam, berkunjung ke tempat – tempat wisata berbasis ekologi (ekowisata) adalah jawabannya. Papua menawarkan panorama alam nan indah, unik dan eksotis. Berikut 7 destinasi ekowisata di Pulau Biak, Supiori dan Kota Jayapura yang baru – baru ini dikunjungi oleh Putri Ekowisata Indonesia, Jorollien Angel Safriel Madjar bersama Tim Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua dan Kru Imaji Papua.

Destinasi Ekowisata Papua
  1. TELAGA BIRU SAMARES
Telaga Biru Samares (Wopersnondi)

Telaga Biru Samares terletak di Biak Timur, tepatnya di kampung Samares. Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan untuk menuju tempat ini.

Terletak di tengah hutan, obyek wisata ini menawarkan suasana alam yang asri. Air telaga yang berwarna biru jernih dan udara yang sejuk membuat kita menjadi lebih segar. Lokasinya yang berada cukup jauh dari hingar bingar perkotaan menjadikan tempat ini cocok untuk rehat sejenak dari rutinitas dan melepaskan penat.

Telaga Samares juga dikenal sebagai telaga Wopersnondi. Kata Wopersnondi sendiri berasal dari bahasa Biak, merupakan gabungan kata “woper” yang berarti melompat dan “snondi” yang artinya pria.

Konon kabarnya, disebut Telaga Wopersnondi dilator-belakangi oleh banyak pria dari kampung setempat yang sering melompat untuk mandi di telaga ini.

2. WISATA BAKAU KAMPUNG RUAR

Wisata Bakau Kampung Ruar

Mengunjungi taman bakau di Kampung Ruar, Biak Timur, menjadi pilihan wisata yang tepat untuk berlibur bersama kerabat, keluarga dan rekan kerja.

Hutan bakau yang di sulap menjadi tempat wisata ini baru dibuka pada 2019 yang lalu dan dikelola oleh Kantor Kesatuan Pemangku Hutan Lindung (KPHL) Biak – Supiori.

Mengunjungi obyek wisata ini pengunjung diajak untuk lebih mencintai lingkungan dan edukasi mengenai pentingnya keberadaan hutan mangrove di pinggir laut. Selain itu, pecinta fotografi dapat memanfaatkan spot – spot alam yang ada untuk menyalurkan hobinya.

Di taman wisata ini, kita bisa melihat landscape pemandangan alam dari menara pengawas setinggi 4 lantai.

Pengunjung taman wisata bakau Kampung Ruar dikenakan biaya maasuk 10 ribu rupiah per orang. Pengelola juga menarik ongkos parker sebesar 7000 rupiah per mobil dan 5000 rupiah per sepeda motor.

3. TAMAN BURUNG DAN TAMAN ANGGREK BIAK

Taman Burung dan Anggrek, Biak

Taman burung dan taman anggrek terletak di jalan raya Bosnik, Kampung Ruar, Biak Timur. Di tempat ini kita bisa menikmati beragam koleksi anggrek khas Papua dan berbagai jenis burung endemik Papua.

Memasuki kawasan Taman Burung dan Taman Anggrek, di sebelah kiri pintu masuk pengunjung melihat berderet kandang besi yang berisi burung – burung endemik Papua, sebut saja nuri paruh merah, nuri paruh hijau, kakaktua jambul kuning, enggang hingga burung cendrawasih dan kakaktua hitam. Sementara di sisi sebelah kanan, puluhan jenis tanaman anggrek tertanam rapi di patok – patok batang kelapa.

Keberadaan Taman Burung dan Taman Anggrek di Biak Timur menjadi tempat wisata edukasi, penelitian dan perlindungan flora fauna langka yang dimiliki alam Papua.

4. SELAT SORENDIWERI

Selat Sorendiweri, Supiori

Selat Sorendiweri adalah selat sempit selebar lebih kurang 50 meter yang menghubungkan Pulau Biak dengan Pulau Supiori yang berada utara Biak. Ada sebuah jembatan yang melintasi selat menghubungkan kedua pulau tersebut.

Sorendiweri adalah nama kota kecil yang menjadi ibukota kabupaten Supiori. Dari Kota Biak setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan untuk tiba di selat ini.

Taman wisata alam Selat Sorendiweri menjanjikan pemandangan alam yang sangat eksotis. Letaknya yang berhadapan dengan Samudra Pasifik, menjadikan tempat ini sebagai spot wisata unggulan yang layak untuk dikunjungi wisatawan.

Nuansa alam yang masih sangat alami dapat dinikmati dari menara setinggi 5 lantai yang dibangun tak jauh dari jembatan. Dari ketinggian kita bisa melihat view panoramic hutan mangrove dan bentang alam Samudra Pasifik.


Pages: 1 2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.