Jelajah Negeri

Menikmati Virtual Reality Museum Nasional, Ada Koleksi Dari Papua Tersimpan Disini

Di era new normal saat ini  mengunjungi museum bisa dilakukan secara virtual.  Salah satu museum di Indonesia yang bisa dikunjungi secara virtual ialah Museum Nasional.

Virtual Tour Museum Nasional

Museum adalah tempat untuk menyimpan “sejarah peradaban” dalam bentuk benda – benda peninggalan jaman dulu. Dulu, untuk mengunjungi museum kita harus mengeluarkan biaya extra terlebih lagi jika museumnya terletak di luar daerah.

Di era new normal saat ini  mengunjungi museum bisa dilakukan secara virtual.  Salah satu museum di Indonesia yang bisa dikunjungi secara virtual ialah Museum Nasional.

Teknologi virtual reality (VR) memungkinkan kita menyusuri setiap ruangan dalam museum dan menikmati koleksi benda – benda yang tersimpan dalam museum. Virtual reality atau realitas maya merupakan teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang ditiru dan disimulasikan dengan perangkat digital atau gadget.

Bukan hanya VR, Museum Nasional juga dilengkapi dengan agumenterd reality (AR) atau realitas bertambah, yakni integrasi informasi digital dengan lingkungan pengguna secara realtime. Berbeda dengan virtual reality,  AR yang menciptakan lingkungan yang ada dan melapisi informasi baru diatasnya. AR merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi, kemudian benda-benda tersebut diproyeksikan dalam bentuk nyata, atau dapat dikatakan bahwa AR merupakan penambahan dari objek yang ada.

Virtual Tour Museum Nasional

Museum Nasional dapat dikunjungi melalui halaman website https://www.museumnasional.or.id/ Menurut informasi dalam web tersebut ada 140ribu benda warisan budaya Indonesia yang dikelola disana.

Virtual tour dapat diakses melalui link https://www.museumnasional.or.id/virtual-tour / Dengan meng-klik link tersebut Anda akan mulai memasuki realitas virtual seolah – olah sedang berada dalam lingkungan museum.

Dengan view 360o memungkinkan kita melihat sekeliling ruangan, ditambah lagi dengan gambar 3D (tiga dimensi) yang disajikan dibeberapa titik dapat diklik. Bukan hanya mendapatkan tampilan 3 dimensi, tapi dilengkapi pula dengan suara narator yang memberi penjelasan tentang gambar benda dimaksud.

Menariknya lagi saat memulai tour museum secara virtual kita boleh memilih apakah akan ditemani musik instrument atau tidak. Jika anda tidak ingin diiringi musik, suara musik cukup disenyapkan.

Penjelajahan virtual dimulai dari Gedung Gajah. Di selasar gedung kita melihat berbagai arca dilanjutkan dengan memasuki bangunan yang menyimpan berbagai koleksi perunggu, keramik, miniatur rumah adat dan sebagainya. Selanjutnya memasuki Gedung Arca kita akan dihadapkan pada realitas bangunan 4 lantai, di setiap lantainya kita akan melihat berbagai koleksi yang tersimpan.

Nah, ada beberapa koleksi Papua yang tersimpan disini, diantaranya tifa, noken dan patung Asmat, seperti screenshoot gambar berikut:

Noken yang tersimpan dalam Museum Nasional
Patung Asmat yang tersimpan dalam Museum Nasional
Patung Asmat yang tersimpan dalam Museum Nasional
Patung Korwar dari Biak yang tersimpan dalam Museum Nasional
Tifa yang tersimpan dalam Museum Nasional. Kode 3D memungkinkan kita untuk melihat tampilan secara 3 dimensi, dilengkapi pula dengan narator dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris

Melalukan perjalanan keliling Museum Nasional secara virtual  sangat mudah dilakukan, cukup dengan mengklik tanda anak panah sebagai pemandu. Hanya saja penjelasan tentang masih – masing ruangan rasanya tak lengkap karena tidak disediakan display keterangan dalam tampilan. Namun, pengelola museum menyediakan layanan tour virtual untuk anak sekolah yang dapat diakses diweb tersebut, namun harus melakukan registrasi terlebih dahulu.

Kategori:Jelajah Negeri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.