Ruang Film Imaji

Review Film Dokumenter Tentang Perjumpaan Penyanyi Papan Atas Prancis dengan Suku Korowai

Film ini menggugah emosi alamiah diantara rasa takjub, tawa dan haru melalui perjumpaan insan yang memiliki perbedaan yang sangat kontras yakni perbedaan suku bangsa, budaya dan bahasa. (Yulika Anastasia)

Film dokumenter berjudul Rendez vous en terre inconnue Zazie chez les Korowai en Indonesie mengangkat kisah perjalanan penyanyi papan atas Prancis  Zazie yang melakukan perjalanan ke Korowai Papua.

Zazie adalah nama panggung Isabelle Marie Anne de Truchis de Varennes yang berprofesi sebagai penyanyi, penulis lagu dan mantan model fesyen, serta pelatih The Voice versi Prancis.

Dikisahkan Zazie menerima undangan dari Frédéric Lopez untuk melakukan sebuah perjalanan ke suatu tempat yang tidak diketahui.

Di pesawat , ia baru diberi tahu bahwa tempat tujuannya ialah ke tempat Suku Korowai, di jantung hutan tropis, Papua, Indonesia.

Setelah lima hari perjalanan, mereka bertemu dengan marga Dayo dan pemimpin mereka Ndahi. Mereka adalah Suku Korowai, suku pemburu – pengumpul yang tidak pernah berhubungan dengan dunia luar hingga tahun 1978.

Suku Korowai menempatkan Zazie disalah satu rumah mereka yang bertengger setinggi sepuluh meter dan memprakarsai Zazie untuk masuk ke dalam gaya hidup mereka, mulai dari menokok sagu, belajar memanah, memasang perangkap ikan menikmati makanan mereka.

Yang menarik dalam film ini ialah kesan keramahan, kehangat dan keakraban yang diperlihatkan sepanjang film ini. Komunikasi mereka memang terkendala bahasa yang berbeda namun gestur yang diperlihatkan menunjukkan hal yang sebaliknya.

Emosi yang mendalam terlihat ketika Zazie memetik gitar dan bernyanyi untuk mereka. Musik  yang dimainkannya rupanya menyentuh hati mereka, hingga seorang pria Korowai terlihat meneteskan air mata. Zazie pun sempat menitikkan air mata haru dalam moment ini.

Bagian lain yang mengharukan ketika dalam moment pamitan Zazie mendapatkan kenang – kenangan berupa kerajinan tangan dari Korowai dan ia membalas kebaikan itu dengan meninggalkan gitarnya sebagai kenang – kenangan.

Film ini ditutup dengan akhir yang indah, sebuah frame gambar dari udara memperlihatkan penampakan bentuk hati di tengah hutan yang mengitari rumah tinggi dimana Zazie tinggal.

Film Rendez vous en terre inconnue Zazie chez les Korowai en Indonesie berdurasi 1 jam 47 menit ini diproduksi oleh Adenium Production, sutradara Pierre Stein tahun 2009.

Film ini bisa diakses di channel youtube https://youtu.be/a3g7kci0nz8 . Film ini berbahasa Prancis dan belum tersedia terjemahannya, namun jangan kuatir karena gambar yang ditampilkan merepresentasikan sebuah perjalanan dengan sentuhan emosi yang dapat dinikmati penonton.

Kategori:Ruang Film Imaji

3 replies »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.