Tips

Tips Perjalanan Keluar Papua di Masa New Normal

Bepergian di masa new normal keluar daerah atau keluar Papua mungkin saja anda lakukan, entah untuk keperluan dinas, penugasan dari kantor atau hendak melanjutkan studi.

Perjalanan sebelum masa pandemi covid19 tentu saja sedikit berbeda dengan masa new normal. Ada beberapa perubahan, khususnya aturan protokoler kesehatan yang diterapkan sehingga kita wajib menyesuaikan diri.

Aplikasi e-HAC yang bisa diinstal melalui google playstore

Berikut ini beberapa tips untuk Anda yang hendak melakukan perjalanan keluar Papua.

  1. Persiapkan dokumen perjalanan dengan baik, yakni surat hasil rapid test, PCR/ swab test, surat penugasan dari kantor, dan kelengkapan lain yang diperlukan
  2. Instal aplikasi e-HAC melalui google playstore dan isilah formulir yang disediakan atau mengisi formulir yang disediakan secara manual.
  3. Datang ke bandara lebih cepat untuk pemeriksaan dokumen
  4. Ikutilah standar protokoler kesehatan yang diwajibkan seperti penggunaan masker, penggunaan handsanitizer dan jaga jarak.
  5. Tiba di bandara tujuan pun kita wajib untuk menunjukkan/ melakukan scan barcode dari aplikasi e-HAC yang sudah di instal. e-HAC berisi informasi/ data perjalanan kita berikut pemeriksaan dokumen perjalanan oleh satgas covid19.
  6. Di Jakarta atau kota – kota besar lainnya di Jawa, saya merekomendasikan untuk pembayaran non tunai melalui go pay, e-money atau aplikasi sejenis untuk membayar taksi, penginapan, dll.
  7. Jika melanjutkan perjalanan menggunakan kereta api, PT. KAI – pun menerapkan serangkaian protokoler kesehatan yang wajib diikuti; yakni pemesanan tiket 7 hari sebelum keberangkatan atau jika keberangkatan mendadak tiket kereta dapat dibeli 3 jam sebelum perjalanan.

Catatan khusus dari saya, penggunaan masker selama perjalanan bisa jadi membuat kita merasa tidak nyaman. Anda bisa meneteskan minyak kayu putih beberapa tetes pada masker agar pernafasan menjadi lebih lega.

Selamat melakukan perjalanan dan tetap jagalah kesehatan Anda. Happy travelling!

Penulis: Yulika Anastasia

Kategori:Tips

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.