Jayapura City

Jembatan Yotefa yang Fenomenal

Membentang di Teluk Yotefa Jayapura dengan warna merah menyala, inilah jembatan ikonik kebanggaan masyarakat Jayapura yang telah di resmikan oleh Presiden Republik Indonesia pada Senin (28/10).

Diberi nama Jembatan Yotefa, jembatan ini menghubungkan Hamadi dan Holtekam. Dengan adanya jembatan ini, saat ini jarak tempuh dari Kota Jayapura menuju wilayah perbatasan lebih pendek dan waktu perjalanan menjadi lebih cepat hanya sekitar 60 menit perjalanan dibandingkan sebelumnya yang mencapai 2,5 jam perjalanan.

Jembatan Yotefa Ikon Baru Kebanggaan Warga Jayapura

Nah, bagian yang cukup menarik tentang jembatan ini; pertama, tentang pemberian nama yang sempat menjadi polemik. Ada yang menyebutnya jembatan merah, jembatan Hamadi – Holtekam, jembatan Papua Bangkit, dll.

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2019, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan jembatan yang kini sah bernama Jembatan Yotefa.

Jembatan Yotefa berdiri megah di atas laut Teluk Yotefa memiliki panjang 1.328 meter, yang terdiri dari panjang jembatan utama 433 meter, jembatan pendekat sepanjang 895 meter. Selain dibangun 400 meter jalan akses ke jembatan pendekat arah Hamadi dan 7.410 meter arah Holtekamp.

Keberadaan jembatan ini menjadi semakin ikonik dengan terhubungnya ruas jalan ring road yang tepat berada di bawah Skyline dan membentang pula di atas laut.

Ringroad yang membentang di atas laut Teluk Yotefa (Foto: Istimewa)

Melintasi teluk Yotefa melalui jalan lingkar yang dibangun di atas laut menjadi pilihan favorit pengguna jalan raya. Perjalanan lebih lancar dan mendapat bonus pemandangan yang indah. Terkadang para pengendara nekat untuk berhenti sejenak di pinggir jalan, sekedar untuk menikmati keindahan alam meski hal ini sebenarnya cukup mengganggu pengendara lainnya.

Jembatan Yotefa pada malam hari (Foto: Abdel Gamel Nasser)

Hal lain yang menarik dari jembatan ini ialah keberadaannya dan kisah bukit Jokowi yang terkait dengannya. Pada tahun 2014 silam, saat infrastruktur jalan dan jembatan ini sedang dalam tahap pembangunan, Presiden Joko Widodo berdiri di salah satu bukit yang ada di kawasan perbukitan Skyline untuk memantau langsung pengerjaannya. Bukit tempat Presiden Jokowi berdiri itu kini dikenal masyarakat Jayapura sebagai bukit Jokowi.

Bukit Jokowi kini menjelma sebagai tempat wisata yang cukup ramai dikunjungi oleh warga. Dari atas bukit ini kita bisa menikmati hamparan keindahan alam teluk Yotefa sembari menikmati kelapa muda dan beberapa jajanan khas.

Selain itu pengunjung biasanya berfoto atau berswa foto dengan latar belakang teluk dan jembatan yang terlihat dari kejauhan. Hasil foto dipastikan instagramable banget!

Berfoto dengan latar belakang Teluk Yotefa dan jembatan Yotefa yang terlihat dari kejauhan
Jembatan Yotefa diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 28 Maret 2019 (Foto: Istimewa)
Iklan

Kategori:Jayapura City

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.