Wow! Ada Festival Makan Papeda di Sentani

Festival yang satu ini adalah festival yang paling unik yang pernah saya jumpai. Festival Makan Papeda dimana para pengunjung yang hadir benar – benar disambut dengan makanan dan boleh menikmatinya secara gratis.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Pondok Papeda

Minggu (30/9) saya bersama rekan – rekan menuju Kampung Abar yang terletak di Distrik Ebungfauw, Sentani, Kabupaten Jayapura. Kampung Abar dapat dicapai menggunakan speedboat dari dermaga Yahim, dibutuhkan waktu kira – kira sekitar 10 menit menyebrangi danau Sentani.

Sesampai di Kampung Abar, ternyata jumlah pengunjung cukup banyak. Tampaknya warga Kota Jayapura dan sekitarnya, sama seperti saya, mempunyai antusiasme untuk menikmati acara festival ini.

Di kampung, panitia membangun pondokan memanjang beratapkan gaba – gaba. Dalam pondokan ada 2 deret meja yang diatur memanjang. Dan, yang paling menarik di atas meja disediakan hidangan khas sentani yakni papeda, ikan gabus yang dimasak kuah kuning, ikan mujair, ulat sagu, keladi, petatas dan aneka menu lainnya.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Ikan mujair bakar
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Papeda yang dihidangkan dalam gerabah khas danau
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Ulat sagu

Semua masakan dihidangkan dengan cara tradisional, yakni menggunakan gerabah yang terbuat dari tanah liat dan peralatan tradisional lainnya. Tak ada piring, sendok dan garpu modern, sebagai gantinya panitia menyediakan hiloy, semacam garpu tapi terbuat dari kayu, sebagai pengganti sendok garpu.

Asiknya festival ini, pengunjung dipersilakan untuk menikmati hidangan gratis bahkan peralatan tradisional yang digunakan boleh dibawa pulang sebagai kenang – kenangan.

Nah berikut foto – foto keseruan pengunjung pada acara Festival Makan Papeda Kampung Abar.

 

 Foi Moi – Terima Kasih sudah membaca artikel ini.

Baca pula:

Jalan – jalan ke Kampung Kayu Batu yang Indah Nan Exotis

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s