[Review] Penginapan Sumber Mulia di Paniai

Berada di wilayah pelosok terkadang kita harus menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi yang ada. Tak perlu banyak mengeluh dan semakin cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar semakin baik.

Setidaknya itu yang saya rasa dalam kunjungan singkat bersama tim kopi Pokja Papua saat di Paniai selama dua hari satu malam pada awal Juli 2018. Hal pertama yang dilakukan saat tiba di kota Enarotali, Kabupaten Paniai, tentu saja mencari penginapan.

Nah! Bicara soal penginapan di daerah ini pastilah tak banyak pilihan seperti halnya di kota – kota besar lainnya. Ini kesan yang saya dapatkan selama menginap di Penginapan Sumber Mulia yang beralamat di Jalan Bandara, Enarotali, Paniai Timur, Papua.

ruang tamu
Ruang Tamu (Lobi Penginapan)

Penginapan sumber mulia adalah penginapan yang sederhana, satu rumah besar dengan banyak kamar. Ada kamar yang memiliki kamar mandi dalam, ada pula yang tidak. Namun demikian, tamu dapat menggunakan kamar mandi umum.

Ukuran kamar cukup luas, tersedia kamar single bed dan double bed. Ukuran bed-nya pun tak terlalu lebar, namun kira – kira cukuplah untuk satu badan. Tak ada AC di ruang kamar, namun tak perlu kuatir suhu di Paniai dingin dan menjadi lebih dingin pada malam hari. Pemilik menyediakan selimut tebal untuk para tamu yang menginap.

Air di kamar mandi pun tersedia sangat cukup, namun airnya sedingin air es. Penginapan tak menyediakan air hangat untuk mandi. Untuk melawan udara dingin, tersedia teh, kopi, gula dan air panas dalam termos, dan tamu dipersilakan untuk membuat sendiri.

Penginapan juga tak menyediakan sarapan, namun demikian tak perlu kuatir karena di sekitar rumah penginapan ada banyak warung – warung makan. Perlu diketahui, setelah lepas maghrib cukup banyak warung makan yang tutup, oleh karena itu saya sarankan jika Anda mengunjungi Enarotali sebaiknya waktu makan malam dipercepat.

Untuk rate harga makanan, camilan dan air mineral di Enarotali cukup terjangkau, tak jauh beda dengan harga sekitar Deiyai, Dogiyai dan Nabire.

Jika Anda menginap di Enarotali sebaiknya bawalah perlengkapan yang diperlukan, seperti jaket/ sweater, kaos kaki, penutup kepala/pasmina dan perlengkapan lain sekiranya diperlukan. Berhubung terkadang listrik padam, ada baiknya untuk membawa powerbank. Satu lagi, sinyal telepon dan internet di Enarotali lebih mendingan daripada di Dogiyai dan Deiyai, jadi akses komunikasi pun tak banyak terganggu.

Rate Penginapan Sumber Mulia sekitar Rp. 350 ribu rupiah/ malam. Cukup nyaman untuk melepas penat dan beristirahat setelah perjalanan jauh.

**Salam traveller**

ruang kamar
Kamar Penginapan

 

 

 

One thought on “[Review] Penginapan Sumber Mulia di Paniai”

  1. Asalkan dekat dengan warung makan kalau kataku sih udah strategis itu. Dengan biaya 350rb semalam worth it lah menurutku.

    Salam traveller mbak!! 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s