Berburu Kuliner saat FDS

Hari terakhir Festival Danau Sentani (FDS), tanggal 23 Juni 2018, saya sengaja datang untuk berburu kuliner yang khas.

Masuk ke lokasi festival, Pantai Kalkote, Distrik Sentani Timur, alamak… pengunjung melimpah ruah sehingga jalan pun macet. Meski gerimis mengguyur Kota Sentani dan sekitarnya, pengunjung seolah tak peduli.

Sama seperti mereka, saya pun tak ingin melewatkan hari terakhir FDS dengan berburu kuliner khas. Saat musim festival seperti ini, ada beberapa kuliner yang sangat mudah dijumpai. Padahal, hari – hari biasa kadang – kadang cukup susah mencarinya.

Nah, ini dia hasil hunting kuliner FDS:

Papeda Bungkus

papeda bungkus
Papeda Bungkus

Papeda bungkus, seperti namanya ini papeda hanya dibungkus dengan daun. Biasanya papeda dinikmati saat panas, dihidangkan bersama ikan kuah kuning dan tumis sayur kangkung bunga pepaya.

Kalau papeda dingin nikmat dimakan dengan ikan gabus atau ikan mujair merah Danau Sentani dan sayur gedi atau sayur daun lilin.

Soal rasa, huehhhmm jangan ditanya lagi. Enak banget rasanya. Patut dicoba!

Sagu Tef

sagu bakar
Sagu Tef

Namanya sagu tef, kuliner yang satu ini berbahan baku sagu yang dicampur dengan pisang. Mama – mama Sentani mengolah sagu ini dengan cara dibakar.

Rasanya sangat nikmat, lembut dan legit. Paling enak dimakan saat masih panas, apalagi saat cuaca mendung atau gerimis pada sore hari, sagu tef dihidangkan bersama secangkir kopi. Hmmm Yummiee

Baca juga:

7 Kuliner Papua yang Wajib dicoba

Tarian Isosolo, Simbol Kerukunan Suku yang Selalu ditunggu Saat FDS

Lezatnya Daging Domba dan Sosis PNG

Sate Ulat Sagu

ulat sagu
Sate Ulat Sagu

Kalau kuliner yang satu ini, saya yakin kalian tidak asing lagi, karena sebelumnya saya pernah menuliskannya dalam blog ini dan ada pula vlognya.

Tak usah diragukan lagi, ulat sagu ini rasanya sangat nikmat. Awalnya, saya agak – agak geli gimana gitu melihat ulat sagu ini. Namun setelah mencobanya, bikin ketagihan!

Orang danau, terlebih kaum perempuannya dianjurkan mengkonsumsi ulat sagu saat kehamilan dan pasca kelahiran. Ulat sagu memiliki kandungan gizi yang tinggi dan baik untuk kesehatan. Bahkan, ulat sagu ini dimakan mentah.

Sosis PNG

IMG_20170806_225143_007
Sosis PNG

Kuliner yang ini, sangat terkenal di Jayapura. Sosis PNG! Jika umumnya sosis berbahan dasar daging sapi atau daging ayam, sosis PNG terbuat dari daging domba.

Rasanya sangat nikmat, dengan tekstur yang lembut. Biasanya dimakan dengan pisang goreng dan bawang bombay goreng. Kalau suka pedas bisa ditambah saus sambal.

**Helem Foi**

 

 

 

 

 

9 tanggapan untuk “Berburu Kuliner saat FDS”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s