Menikmati Senja di Pantai Lampu Satu Merauke

18582597_10211958088886056_2353027715058234750_n
Senja di Pantai Lampu Satu Merauke

Pantai Buti di kota rusa Merauke, dikenal pula dengan nama Pantai Lampu Satu. Unik namanya, kabarnya nama Lampu Satu terinspirasi dari terinspirasi dari mercusuar yang memiliki satu lampu penerangan, yang terlihat dari jauh. Sehingga warga menyebut pantai ini Pantai Lampu Satu.

Di suatu sore, ketika mengunjungi Kota Merauke, saya merasa rindu suasana pantai dan ingin menikmati sunset. Bersama dengan beberapa orang rekan, saya pun menuju ke pantai yang kebetulan berada tidak jauh dari kota. Cukup berboncengan dengan kendaraan roda dua, dibutuhkan waktu hanya beberapa menit perjalanan.

kapal tradisional
Galangan Kapal di Kampung Buti

Pantai Lampu Satu di Kampung Buti, adalah pantai yang landai dengan  sunset yang indah. Saat laut sedang teduh dan angin bertiup sepoi – sepoi, hmmm sore yang cerah dengan sunset yang indah.

Di tepi pantai dengan mudah kita akan menjumpai galangan kapal kayu. Saya pun penasaran, karena baru pertama kali melihat dari dekat pembuatan kapal kayu.

Saya pun sempat berbincang dengan pria usia separuh  baya yang sementara sedang merapikan alat – alatnya. Tajam aroma serbuk kayu langsung menerpa hidungku. Dan, kami pun berbincang cukup akrab.

Menurutnya, rata – rata pengrajin kapal kayu tersebut adalah warga asal Buton, Sulawesi Selatan. Menurutnya harga satu buah kapal kayu tersebut mencapai 300 juta rupiah. Dibutuhkan waktu beberapa bulan untuk mengerjakan kapal kayu.

Cukup banyak galangan kapal yang ada di tepi pantai, dan di laut lepas sana kapal – kapal kayu hasil karya mereka tengah berlayar mencari ikan. Sambil memandang perahu – perahu tradisional yang berada di lautan sejenak saya teringat lirik sepenggal lirik lagu: “nenek moyangku seorang pelaut”.

pantai lampu satu buti
Semburat Senja di Pantai Lampu Satu

Nah, itulah sepenggal kisah saya menikmati indahnya senja di Pantai Lampu Satu Merauke. **Wanyambe**

 

4 tanggapan untuk “Menikmati Senja di Pantai Lampu Satu Merauke”

  1. Wahh.. pantainya cantik yaa..
    Dan sebagai orang yang punya darah sulawesi, saya bangga sekali dengan tanah kelahiran nenek saya ini.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s