Enggros, Kemewahan Hidup di atas Air

enggros cover2

Enggros adalah sebuah nama perkampungan tua yang ada di Kota Jayapura. Enggros atau dalam bahasa lokal disebut Injros, dihuni oleh suku asli Jayapura diantaranya marga Drunyi, Sanyi, Meraudje, Semra, Hababuk dan Iwo.

Kampung Enggros terletak di tengah laut teluk Yotefa. Warga Enggros sejak turun temurun telah memilih bermukim dan membangun perkampungan di atas laut. Terkadang, saya merasa bahwa pilihan mereka luar biasa.

teluk yotefa
Teluk  Yotefa; keindahan teluk di dalam teluk

Teluk Yotefa yang indah nan teduh, seringkali dijuluki sebagai teluk di dalam teluk. Lokasi perkampungan ini, secara geografis terbilang aman di bibir samudra Pasifik. Tak jauh dari Kampung Enggros ada kampung lain, yakni Kampung Tobati. Berikut penampakan dua kampung di Teluk Yotefa.

kampung tobati
Kampung Tobati di Teluk Yotefa Jayapura
rumah di kampung enggros
rumah – rumah warga di Kampung Enggros

Meski kehidupan warga terkesan sederhana, hidup di rumah panggung yang terbuat dari papan dan lingkungan sekitarnya berupa perairan, namun kearifan lokal yang mereka miliki, itulah keindahan dan kemewahan yang sebenarnya.

Mengunjungi Kampung Enggros, saya merasa betah dan ingin duduk berlama – lama disini, menikmati hembusan angin samudra Pasifik dan melihat bintang laut dan ikan puri berenang di kolong – kolong rumah warga.

Selain panorama yang indah, ada kekayaan yang tersimpan di dalam laut. Tak heran, jika warga memanfaatkan air disekitarnya untuk membudidayakan ikan dalam karamba.

Saya pun lantas berimajinasi, seandainya saya adalah warga kampung Enggros, saya pasti takkan susah jika ingin menikmati ikan, cukup dengan memancing/menjaring atau menangkap ikan puri untuk diolah jadi sambal puri kesukaan saya.

Saya juga tidak bakalan cepat stress di tempat yang seindah ini. Jika stress datang menerpa, barangkali saya akan duduk tenang dan menikmati keindahan yang ada terlebih lagi di tempat ini jauh dari suasana bising perkotaan.

jembatan kampung enggros

Enggros dengan keramahan warganya, memang sungguh mempesona. Tak heran bila kampung ini dicanangkan sebagai kampung wisata oleh pemerintah kota Jayapura. Ada banyak spot di kampung ini yang instagramable.

Oh ya, jaringan internet di kampung ini juga tidak diragukan, karena memang Enggros menjadi kampung percontohan internet untuk kampung – kampung lainnya di Jayapura. Jadi bisa jepret langsung posting.

Berikut ini gambar suasana warga di kampung Enggros yang dalam kesehariannya sangat akrab dengan air.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

2 tanggapan untuk “Enggros, Kemewahan Hidup di atas Air”

  1. Fotonya cakep! Sukak. Papua yang alami, cantik dan menawan, dengan semua cerita dibaliknya. Semoga pembangunan semakin dirasakan manfaatnya oleh warga. Apalagi sudah ada jarinan internet ya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s