Lukisan Kulit Kayu, Souvenir Khas Papua yang Mendunia

Anda berkesempatan mengunjungi Jayapura, dan bingung mencari buah tangan ? Ini ada sebuah souvenir yang khas, yakni Kerajinan dari Kulit Kayu.

Sentra produksi kerajinan kulit kayu yang terkenal dari Pulau Asei, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura. Kerajinan kulit kayu dari Asei sudah terkenal, bahkan hingga ke manca negara.

Yang cukup diminati wisatawan ialah lukisan kulit kayu. Diatas kulit kayu, pengrajin melukis berbagai motif khas Sentani. Ada cukup banyak motif-nya orang Sentani, seperti motif ikan, burung, buaya, tifa dan berbagai motif lainnya.

Jika Anda berminat membeli lukisan kulit kayu, bisa ditanyakan langsung kepada si penjual. Dibalik setiap motif ada kisahnya masing – masing, sebab motif yang dilukis memiliki cerita tentang tradisi, harmonisasi hidup antara manusia dengan alam sekitarnya dan kearifan lokal yang terkandung didalamnya.

O ya, sekarang ini kulit kayu bukan hanya dijadikan kanvas lukisan, namun juga diolah menjadi produk kerajinan yang lain seperti tas, topi dan cinderamata.

Sebagai informasi, kulit kayu yang digunakan sebagai bahan dasar bukan kulit kayu sembarangan. Kulit kayu yang diolah menjadi souvenir khas Papua ini, berasal dari kulit kayu Khombouw yang tumbuh di hutan – hutan yang ada di sekitar Danau Sentani.

Jadi, tak rugi rasanya jika Anda berkunjung ke Papua, sempatkanlah membeli kerajinan kulit kayu sebagai oleh – oleh yang khas. Soal harga, harganya bervariasi dan cukup terjangkau dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah, sesuai dengan jenis produk yang hendak dibeli.

One thought on “Lukisan Kulit Kayu, Souvenir Khas Papua yang Mendunia”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s