Ketika Laut Menjadi Halaman Rumahmu

Menjelajah Teluk Yotefa, Jayapura, Papua ada bayak hal menarik untuk dijumpai. Amazing, pemandangan alamnya menakjubkan. Teluk Yotefa sering dijuluki teluk di dalam teluk. Ini penampakan teluk yotefa

Amazing Yotefa! Teluk di dalam teluk

 

Di tengah Teluk Yotefa ada sebuah kampung bernama Kampung Enggros. Kampung ini sangat menarik, karena perumahan warga di bangun di atas air, dan antar rumah warga dihubungkan dengan jalan setapak yang dibangun dari papan kayu.

Kampung Enggros di tengah Teluk Yotefa

 

Nah, sudah terbayang kan kehidupan warga Kampung Enggros di Teluk Yotefa?

Yup, keseharian warga tentunya sangat akrab dengan laut! Hidup di kampung Enggros yang berada di tengah laut, warga jauh dari bisingnya suara kendaran roda empat dan roda dua, namun sangat akrab dengan deru suara perahu motor dan desir suara angin. Tidak ada lapangan untuk  bermain bola, tempat fitnes atau pusat hiburan modern lainnya. Namun hal tersebut, tidaklah mengurangi sukacita. Warga Kampung Enggros hidup sederhana dan hidup harmonis dengan alam sekitarnya.

Hidup di rumah panggung dengan halaman yang sangat luas, yakni berupa perairan, dimana sejauh mata memandang birunya air laut begitu mendominasi. Bayangkan bila halaman rumahmu berupa air laut, hal – hal seperti berikut ini akan menjadi keseharianmu:

1. Sejak kecil anak – anak sudah belajar mendayung

Sejak kecil kamu akan belajar mendayung

2. Main bola diganti dengan berenang

Bermain air menjadi hiburan

3. Akrab dengan transportasi laut

Transportasi laut

4. Ini tempat parkir kole – kole milik warga

Kole-kole parkir

Nah, menarik bukan. Bila ingin merasakan bagaimana kehidupan warga sehari – hari di Kampung Enggros, cukup mudah. Siapkan kamera-mu dan kunjungi Kampung Enggros. Letaknya dekat dengan pusat Kota Jayapura, sekitar 20 menit perjalanan dari kota, yakni menyebrang dari Pantai Bebek, Hamadi atau bisa juga dari dermaga Teluk Yotefa, Abepura.

Salam traveller!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s